RSS

TRB II (Tugas Rancang Besar II)

19 Apr

teman, mari kita berbicara tentang mata kuliah di Jurusan Teknik Kelautan. salah satu matkul (mata kuliah) yang sedang saya dalami adalah TRB II. TRB II adalah singkatan dari Tugas Rancang Besar II. umumnya mata kuliah ini diambil saat kita menginjak semester 6.

ya, seperti namanya TRB II, kuliah ini sedikit banyak mempelajari tentang bagaimana untuk merancang sebuah bangunan lepas pantai (offshore structure) dimana saat ini masih difokuskan untuk bangunan terpancang / fixed structure. nantinya, diharapkan setelah menyelesaikan kuliah ini kita dapat membangun sebuah fasilitas paltform lepas pantai yang meliputi perhitungan berapa beban dari bangunan itu (termasuk didalamnya ada jacket, deck, dll) serta menghitung beban yang diakibatkan oleh lingkungan (termasuk didalamnya adalah beban gelombang, angin, dll).

tentunya, dalam merancang sebuah bangunan / structure, pasti diperlukan sebuah acuan atau petunjuk agar rancangan kita dapat diterima oleh owner structure itu. oleh sebab itu, diperlukan pengetahuan tentang code internasional sebagai patokan-patokan dalam merancang sebuah structure. untuk saat ini, yang menjadi dasar saya dalam merancang sebuah structure adalah selalu mengacu pada API RP 2A-(WSD / LRFD) dan AISC. API RP 2A-(WSD / LRFD) ini direkomendasikan untuk seseorang yang sedang belajar merancang, desain, konstruksi sebuah offshore fixed platform. oleh karena itu, dosen saya selalu mengingatkan agar saya sebagai mahasiswa harus dapat memahami API RP 2A.

tahapan umum dalam kuliah TRB II ini adalah meliputi pengetahuan penguasaan code international, desain, serta perhitungan beban (baik itu dari struktur maupun dari lingkungan).

– desain awal meliputi gambaran / layout perancangan deck (sub-cellar deck, cellar deck, main deck), layout perletakan alat-alat diatas deck, dan segala yang berhubungan dengan pemenuhan kondisi layout berdasarkan code internasional serta perhitungan perletakan beban.

– kemudian kita harus dapat menghitung berapa beban yang terdapat pada struktur serta beban lingkungan yang mempengaruhi struktur tersebut. tahap ini meliputi :

  • perhitungan tebal plat, baik pada main deck, cellar deck, sub cellar deck dan heli deck. untuk mendapatkan tebal plat yang sesuai, maka kita harus menghitung apa saja beban yang akan diletakkan di atas plat. pertama kita akan menghitung beban hidup pada kondisi operasional kemudian kita akan mencari besar momen maksimumnya, baru setelah itu kita dapat mencocokan tebal plat yang sesuai dengan AISC.
  • perhitungan stinger. stinger adalah baja melintang yang menahan beban equipment diatasnya. dalam perhitungannya kita harus mencari equipment apa yang memiliki beban terberat, dan bagaimana konfigurasinya dengan equipment lain sehingga nantinya equipment yang berdekatan secara horisontal atau vertikal itu harus dijumlahkan serta dicari superposisinya agar mendapatkan nilai momennya. setelah mendapat nilai momen, maka kita dapat melihat profil yang sesuai menurut standar AISC. selain beban equipment, beban perpipaan juga diikutsertakan dalam perhitungan untuk stinger ini.
  • perhitungan secondary girder. sama seperti stinger, secondary girder merupakan baja yang menahan beban equipment diatasnya, bahkan stinger juga termasuk equipment yang bebannya diperhitungkan dalam secondary girder. perhitungan yang dilakukan sama dengan perhitungan untuk stinger.
  • perhitungan main beam. main beam adalah baja utama yang menyokong deck, menahan semua beban diatasnya, termasuk plat, stinger,  secondary girder, beban perpipaan. main menghubungkan kaki jacket satu dengan yang lain. untuk perhitungannya menggunakan cara yang sama dengan stinger dan secondary girder.

mungkin ini dulu sedikit ilmu dari saya untuk merancang sebuah bangunan offshore fixed platform, karena saat ini saya juga masih dalam proses penyelesaian mata kuliah tersebut.

(bersambung…menunggu progres kuliah TRB dulu..😀 )

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 19 April 2010 in Catatan Kuliah

 

3 responses to “TRB II (Tugas Rancang Besar II)

  1. Fahmi

    1 September 2010 at 3:49 pm

    mas,,review TRB 1 dung…ho2..

     
    • bagusrengga

      1 September 2010 at 10:02 pm

      TRB 1…?
      wah..datanya ada di temen…
      g tau sekarang masih ada to ga..
      hhhahaha
      coba buka blognya mas aka..ada di blog roll.
      dia posting TRB 1.

       
  2. Astu Purnaning

    27 Oktober 2011 at 9:51 pm

    wow bos.. selamat karena sudah bikin blog bos..
    sukses trus ya boss

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: