RSS

Seminar : Introduction of oil & gas industry by EXXON Mobil.

15 Mar

15 Maret 2011. Satu jam yang lalu saya mengikuti seminar dari EXXON Mobil. Semoga bermanfaat🙂

Exxon mobil salah satu perusahaan migas multinasional, dan memiliki banyak cabang perusahaan yang tersebar hingga 200 negara diseluruh dunia, kali ini berkunjung ke ITS pada cara seminar dengan tema intoduction of oil & gas industry. Seminar ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian FANTASTIC yang dilakukan oleh BEM FTI. Acara yang bertempat di gedung pasca sarjana lantai 3 ITS ini terbilang cukup meriah dengan dihadiri oleh banyaknya pembicara dari EXXON Mobil, serta antusiasme dari peserta yang hampir memadati gedung pasca sarjana lantai 3 ITS.
Seminar ini terdiri dari dua sesi, yaitu sesi pertama mengenai introduction company of EXXON Mobil dan sesi kedua mengenai career development pada perusahaan oil & gas pada umumnya dan EXXON Mobil pada khususnya. Sesi pertama menyajikan berbagai macam materi mengenai bagaimana perusahaan migas multinasional ini bekerja, baik itu secara corporatenya, sistem bagi hasilnya, divisi yang ada, sampai pada pengenalan teknologi dan penemuan terbaru oleh EXXON Mobil. Sedangkan sesi kedua lebih menekankan kepada career development untuk seseorang yang bekerja pada perusahaan migas, terutama pada perusahaan multinasional. Dalam sesi kedua ini juga dibahas mengenai bagaimana peran EXXON Mobil terhadap peningkatan mutu hidup, serta tanggung jawab yang dilakukan EXXON Mobil baik pada pekerja, masyarakat dan lingkungan sekitar.
Berdasarkan presentasi yang dipaparkan oleh EXXON Mobil, keuntungan yang didapat oleh sebuah perusahaan migas baik itu nasional atau asing telah diatur dalam undang-undang. Bagi hasil antara pemiliki lahan dalam hal ini pemerintah, dengan perusahaan ataupun operatornya dalam hal ini EXXON mobil, adalah sebesar 85%-15%. Dimana pemerintah akan mendapatkan hasil sebesar 85% dari keuntungan yang didapat dari eksplorasi, dan operator migas akan mendapatkan hasil 15% dari keuntungan eksplorasi. Lebih lanjut lagi, operator migas tidak akan mendapatkan hasil bersih sebesar 15% dari eksplorasi tersebut, karena 15% keuntungan tersebut juga masih harus dibagi lagi dengan perusahaan lain yang juga menangani eksplorasi didaerah tersebut.
Perusahaan migas terutama yang berlabel multinasional akan bekerja secara sangat profesional, baik itu dari penerimaan pegawai ataupun saat men-trainer karyawan yang telah diterima. Perusahaan migas ini, terutama EXXON Mobil tidak menitik beratkan penerimaan pegawai khusus pada jurusan tertentu. Seluruh jurusan baik itu teknik ataupun sosial akan tetap dibutuhkan, karena semua karyawan yang telah diterima oleh EXXON Mobil tidak akan digunakan dan di-eksploitasi secara mentah-mentah, namun akan di-trainer terlebih dahulu dalam 2-4 tahun kedepan hingga dia dapat secara utuh bekerja pada sistem yang sebenarnya. Urutannya adalah setelah karyawan diterima oleh EXXON Mobil, maka selama satu tahun pertama dia akan ditraining secara langsung oleh senior ataupun supervisornya. Kemudian dapat berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan S2 diluar negeri melalui universitas-universitas yang bekerja sama dengan EXXON Mobil. Setelah 2-4 tahun sekolah dan pulang kembali ke indonesia maka ia akan mulai ditempatkan pada bagian-bagian yang menjadi spesialisasinya.
Banyak sekali divisi yang terdapat pada EXXON Mobil, namun secara khusus dapat dikategorikan pada tiga divisi, yaitu hulu, hilir dan chemical. Divisi hulu merupakan divisi yang berkaitan dengan eksplorasi. Hilir merupakan divisi yang berkaitan dengan transportasi dan produksi. Sedangkan chemical merupakan divisi yang mengolah bahan baku minyak bumi menjadi bahan konsumsi industri ataupun umum. Jumlah pekerja pada EXXON Mobil Indonesia hanya berkisar 800 orang, yang akan tampak sangat kecil dibandingkan dengan pekerja EXXON Mobil secara global yang berjumlah 88.000 orang. Dari jumlah 800 orang tersebut, tiap tahun hanya diambil 4-8 orang pelamar terbaik dari universitas yang ada di Indonesia. Pelamar tersebut dapat berasal dari berbagai suku, agama, ras, golongan, gender, dan jurusan yang berbeda. Karena setiap karyawan yang baru direkrut akan ditraining kembali dan dibekali ilmu sesuai dengan divisi dimana dia akan ditempatkan. Misalnya seorang lulusan teknik mesin, ketika dia diterima bekerja di EXXON Mobile, bukan tidak mungkin dia akan ditempatkan pada bagian explorasi ataupun reservoir. Jadi, kemungkinan dari setiap jurusan itu bisa dikatakan sama, hanya bagaimana kita bisa memotivasi diri kita untuk bisa menunjukkan yang terbaik dari terbaik.
Para pekerja dan peneliti dari EXXON Mobil baik itu di Indonesia atau di dunia, tidak hanya melakukan eksplorasi pada sumur-sumur yang berpotensi menghasilkan minyak. Menurut pembicara pada seminar ini, EXXON Mobil juga melakukan pengembangan dan temuan dalam hal teknologi, salah satunya adalah penelitian terhadap budidaya ganggang sebagai pengikat karbon. Selain itu, EXXON Mobil International juga telah memiliki sebuah semi-submersible platform yang diklaim dapat melakukan pengeboran pada laut dalam, atau sekitar 5000 meter dibawah permukaan laut. Selain itu, EXXON Mobil juga mengklaim telah menemukan software yang dapat digunakan untuk mencatat data seismic secara 3D (tiga dimensi) pertama didunia.
Sesi kedua pada seminar ini membahas tentang career development untuk seorang employee dari sebuah perusahaan migas, khususnya EXXON Mobil. Seperti telah saya singgung diatas, EXXON Mobil tidak hanya merekrut pegawai berdasarkan lulusan jurusan tertentu, namun lebih menitik beratkan pada capability dari seseorang yang akan direkrut. Maksudnya secara kasar adalah, meskipun seseorang mempunyai bakat yang hebat, namun tidak dibarengi dengan attitude yang baik, misalnya disiplin dan keinginan yang kuat, maka orang-orang seperti itu akan mudah disingkirkan oleh seseorang yang memiliki semangat juang yang tinggi. Jadi, semua itu bergantung dari diri seseorang apakah bisa memotivasi diri mereka sendiri untuk melakukan yang terbaik bagi dirinya.

Posted with WordPress for BlackBerry.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 15 Maret 2011 in Campur-Campur

 

Tag:

One response to “Seminar : Introduction of oil & gas industry by EXXON Mobil.

  1. kevin2

    25 Oktober 2016 at 12:00 am

    Bagaimana mengenai harga? , Abcde

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: