RSS

membuat Joint dan Member

08 Mei

selamat siang rekan-rekan.. di hari minggu yang cerah ini tiba-tiba saya ingin sedikit berbagi cerita dengan rekan-rekan mengenai software SACS 5.2.

dalam ilmu offshore engineer, SACS 5.2 merupakan salah satu software struktur yang umum digunakan untuk mengetahui kemampuan dari sebuah struktur. software ini saya pilih dalam pengerjaan TA (tugas akhir saya) untuk analisa lifting (dalam proses offshore installation) karena lebih mudah penggunaanya (pendapat subjektif dari saya) bila dibandingkan dengan software kompetitor lain, misalnya GtStrudl. sekedar info, saya pernah menggunakan software GtStrudl untuk analisa platform saya (dalam tugas rancang besar yang ada di jurusan saya) dan memang lebih rumit bila dibandingkan dengan penggunaan SACS 5.2 (lagi-lagi pendapat subjektif dari saya). oiya, untuk kelebihan dan kekurangan sebuah software pasti ada, tapi saya belum berani memberikan hal itu karena kemampuan saya yang terbatas.

okelah langsung saja ke  inti tutorial ini. hal pertama yang dilakukan tentunya meng-install software tersebut. kemudian :

1. buka sacs tersebut, dan muncul tampilan seperti dibawah.

2. untuk membuat model sebuah struktur, pilih Model (pada kolom atas kiri yang ada shorcut model) > Create New Model

3. setelah itu anda akan dituntun untuk masuk pada bagian pemilihan model/jenis struktur, antar lain deck, jacket, tower, space frame, dll. Dapat juga memilih “none”/tanpa model untuk pemodelan bebas menurut keinginan anda (dalam pembahasan ini menggunakan dasar model “none”).

4. setelah memilih jenis/dasar yang akan digunakan (dalam pembahasan ini menggunakan dasar model “none”), maka akan tampak layar hitam. layar hitam ini biasa disebut sebagai Precede. pada bagian ini anda dapat mulai untuk membuat model.

5. hal pertama yang dilakukan tentunya dengan membuat joint-joint baru yang nantinya akan kita beri member. langkah untuk membuat joint baru adalah : pada menu toolbar pilih Joint > Add > Absolute (ada beberapa pilihan tergantung kebutuhan anda). setelah itu kita masukkan nama joint, koordinat x, y, z. maka jadilah sebuah titik joint.

6. selanjutnya, setelah kita menentukan titik/joint maka dapat kita lanjutkan untuk membuat member. langkah untuk membuat member baru adalah : pada menu toolbar pilih Member > Add. setelah itu anda pilih joint-joint yang menghubungkan member baru tersebut. anda juga bisa menambahkan group label.

7. inilah langkah awal dalam pembuatan model, yaitu Joint dan Member.

(bersambung)

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 8 Mei 2011 in Tutorial SACS 5.2

 

5 responses to “membuat Joint dan Member

  1. kumbara

    6 Oktober 2011 at 7:49 pm

    thanks kawan informasinya, bermanfaat,..

     
    • bagusrengga

      11 Mei 2012 at 9:12 am

      wehhee…bermanfaat apanya kawan, cuma dasar aja nih, belum sempet update lagi, hehhee
      thanks ya udah mampir ..😀

       
  2. MARTIN

    29 Maret 2012 at 10:35 am

    yg terhormat mas bagus rengga ???trimakasih infonya ,saya mau minta ditraining sacs nya mas ??berapa biaya nya ?privat ama mas bagus ???BTw gawe dimana mas sekarang??

     
    • bagusrengga

      11 Mei 2012 at 9:14 am

      wah mas, saya ini cuma belajar2 sendiri aja untuk ngerjain TA dulu, bukan praktisi atau ahli.
      hhehee
      sekarang saya gawe di batam bos.

       
  3. Syamsul Bachri Usman

    13 Februari 2013 at 8:31 pm

    Silahkan didownload Modul SACS dasar karya saya sendiri… di… http://www.bang-syam.info/2013/02/buku-mahir-sacs-52-seri-1-download.html

     

Tinggalkan Balasan

 
