RSS

Karburator Aftermarket Untuk SCORPIO

30 Nov

YAMAHA SCORPIO

Yamaha Scorpio dari pabriknya menganut karburator model vakum yang terkenal efisien. Namun pemilik Scorpio yang berumur lebih dari tiga tahun kerap mengeluhkan performa karbu jadi menurun. Itu lantaran karet vakum sudah mulai keras atau bocor. Tentu ngaruh terhadap isapan bensin yang kurang maksimal. Akhirnya tarikan kurang responsip. Tinggal ganti karet vakum, masalah bakal selesai. Namun banyak yang mengeluh harga karet vakum yang mencapai Rp 400 ribu. Ada yang sekalian ganti karburator model skep, tarikan lebih oke dan harga beda tipis. Ada berbagai pilihan karbu skep yang banyak dijual toko variasi. Paling banyak dipakai Scorpio yaitu Keihin. Tersedia tiga model atau varian yang ditawarkan, yaitu PE, PWL dan PWK. Ketiganya berventuri 28 mm. Secara kasat mata modelnya mirip. Namun buat pemasangan dan seting punya perlakuan berbeda.

  • Mulai dari Keihin PE, harga Rp 500 ribu-Rp 600 ribuan, paling banyak diminati pemilik Scorpio. Karbu PE Punya karakter tarikan atas oke. Namun putaran bawah agak sulit didapat. Bila ingin tarikan bawah dapat, kompresi harus dibikin lebih padat. Untuk seting karbu ini, paling pas pakai spuyer ukuran 115 buat main -jet sedang 42 buat pilot-jet. Buat atur putaran anginnya satu seperempat putaran balik setelah diset mentok, tipe PE menggunakan jarum skep sudah fix hingga tidak bisa disetel.
  • Pilihan kedua, adalah Keihin PWL. Banderol yang dipasang mulai Rp 700 ribu–800 ribuan. Keunggulan dari tipe PWL memiliki jarum skep yang bisa distel. Untuk seting jadi lebih mudah. Jadi, sebelum ganti spuyer bisa disetel dari jarum skepnya dulu. Karakter PWL buka-bukaan gas lebih oke buat jarak pendek. Karakter ini cocok buat trek dalam kota dan ubahan Scorpio trail.

    Sedang untuk putaran atasnya masih bagus tipe PE. Untuk setingannya sendiri, spuyer untuk main-jet ukuran 120 sedangkan pilot-jet 48, dengan putaran angin lebih kurang 360 derajat alias satu putaran.

  • Terakhir, Keihin PWK, tipe ini paling spesial dari dua model di atas. Lantaran untuk tarikan bawah dan atas seting karbu mudah didapat. Namun harga juga spesial, Rp 2,2 jutaan. Tipe ini punya skep model oval. Tapi untuk main-jetnya tidak sama, dimensi lebih panjang dari dua tipe sebelumnya di atas. Cocoknya pakai main-jet yang biasa diaplikasi karbu Keihin motor SE. Untuk urusan seting spuyer di Scorpio, memang jauh lebih mudah. Main-jet ukuran 120 sedang pilot-jet 48. Setelan angin cukup digeser 1,5 putaran balik setelah diputar mentok.

Intake Manifold

Ganti karbu Keihin PE pada Yamaha Scorpio kerap dilakukan mekanik. Untuk pemaasangan memang agak repot. Karena kalau karbu langsung dipasang ke intake karet bawaan motor bodi karbu bakal mentok dinamo stater. Solusinya yang banyak diaplikasi akhirnya pasang adaptor atau intake tambahan yang dibuat dari aluminium. Dengan metode ini keuntungannya filter karbu tetap bisa diaplikasi.

Kalau mau praktis pasang karbu PE sebetulnya bisa saja, caranya cukup sederhana. Yaitu tinggal putar saja posisi dudukan intake standar yang nempel di blok silinder. Jadi, proses pengerjaanya mudah, lepas dulu dua baut pengikat intake standar menggunakan kunci ring 10. Setelah baut dibuka tinggal lepas intake dari blok. Hati-hati saat melepasnya jangan sampai o-ring dalam intake rusak.Baru kemudian pasang kembali intake tapi posisinya dibalik. Sisi bagian bawah intake yang tertulis kode BP5 letaknya pindah ke atas. Nah sebelum pasang dioles dulu pangkal intake pakai sealer. Posisi intake yang sudah diputar bikin moncong bagian dalam karbu bisa dikunci klem intake. Lumayan, jaraknya jadi lebih panjang 0,5 cm. Dengan begitu, moncong bagian dalam karbu bisa lebih menempel. Namun konsekuensinya cocok bagi mesin Scorpio open air. Maksudnya kudu pakai filter variasi. Ini lantaran jarak karet klem standar yang mengunci venturi jadi terlalu pendek

 
9 Komentar

Ditulis oleh pada 30 November 2011 in Yamaha SCORPIO

 

9 responses to “Karburator Aftermarket Untuk SCORPIO

  1. negro asoka

    2 April 2012 at 9:06 pm

    Kok ndk d kasih bocoran kalo scorpio make karbu Keihin PWK ukuran 34 make intake manivol apaan……?????
    Mohon saran dan bocoranya

     
    • bagusrengga

      11 Mei 2012 at 12:42 am

      wah saya belum pernah pake sih bang klo PWK, mahal eui…
      emangnya intakenya ukuran brp?
      PWK 34 itu kan ukuran manifold ke filter yg 34,
      ane pake PE soalnya intakenya lebih kecil, jadi bisa diakali pake semacam ring bikin sendiri gitu.

      oiya, sory ya, artikel diatas cuma copy aja dari chitchat sebelah, maksudnya biar nanti klo dibutuhin tinggal nyari aja di blog sendiri, biar gak repot cari artikelnya.
      hehhe

       
  2. jenggo

    4 Mei 2012 at 10:16 am

    NEGRO ASOKA, kl punya gw mas bro, manifoldnya standart, tp tebel conection dikarbu ditipisin alias dibubut…

     
    • bagusrengga

      11 Mei 2012 at 12:43 am

      @NEGRO ASOKA
      tuh bos udah dijawab ama bang jenggo.
      eh tapi sayang juga ya klo harus bubut karbu,
      apalagi PWK, ngeri coy harganya, hahaha

       
  3. Sulaiman

    5 Juli 2012 at 1:32 am

    wah gan kalo ditambah foto mungkin bisa lebih konek.
    yang maksudnya kudu make filter variasi itu seperti apa?
    masih galau nih

     
    • bagusrengga

      1 Agustus 2012 at 6:15 am

      filter variasi itu yang banyak dijual dipasaran gan, di toko sparepart motor pasti ada,

      coba deh jalan2 ke toko motor, trs tanyain filter karbu untuk scorpio, yang variasi,

      ada banyak merk + model, mulai dari KTC, TDR, Kitaco, dll

       
  4. supriadi

    14 Mei 2014 at 8:05 am

    Scorpio ane pake PE 28,kalo di plintir gas kaya yang abis bensin gimana yah???????

     
    • arjuna

      15 Oktober 2014 at 12:10 am

      ganti pilot jet dan main jetnya bung

       
  5. bonadea

    14 Mei 2015 at 10:31 pm

    ane pake scorpio 2008, trus ane ganti PWL28, settingan awal langsam, trus, kenapa kalo dipake putaran bawah sekitar 40km/jam, bukaan gas seperti kosong…isi…kosong..isi..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: