RSS

Yamaha Scorpio Tarikan Segahar RX-King

30 Nov
Akselerasi Yamaha Scorpio standar pabrik nggak seyahud RX-King.

Itu karena setting karburator gak pas. “Setelah diusut, pilot air-jet asli Scorpio kegedean. Jadi, aliran udara ke membran vakum berlebih,” jelas Hamzah dari HM Motor di daerah Pintu 2, Taman Mini, Jakarta Timur.

Karena pilot air-jet (paj) kebesaran, saat digeber membran terlalu cepat naik. Campuran bahan bakar terlalu kaya. Motorngok. Busi basah dan elektroda hitam,” urai Hamzah. “Sebaliknya saat tutup gas, membran kelewat cepet turun. Efeknya, campuran miskin. Saat tutup gas suara knalpot nembak-nembak,” sambung pria  yang juga mekanik di divisi motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

Biar bukaan membran lambat, paj ori yang ukurannya 65 dikecilin. Namun di pasaran tidak dijual opsi ukuran paj Scorpio. Tapi jangan takut, menurut Hamzah bisa pake pilot-jet F1Z-R, ukuran 10. Yang ini banyak dijual di toko variasi. Harganya Rp 15.000-an. “Bentuknya beda. Tapi bisa dipakai. Ulirpilot-jet F1Z-R pas dengan rumah pilot air-jet Scorpio,” papar Hamzah.

Yuk,praktikin! Enaknya karbu dicopot. Caranya, buka cover kanan-kiri dan tangki. Pakai obeng kembang dan kunci T8. Awalnya, copot kabel gas dengan kunci pas 10 mm. Lalu,kendori n baut klem karet join filterpake obeng plus.

Lanjut lepas dua baut pengikat join manifold. Bisa pakai kunci ring atau pas 10 mm. “Ini perlu karena tanpa buka join manifold karbu sulit dibuka. Ruangnya sempit,” jelas Hamzah. Lepas karbu dengan menariknya ke belakang sambil digeser ke kiri.

Sekarang ganti paj dengan pilot-jet F1Z-R. Letak paj di bawah membran vakum. Untuk menggantinya kudu buka 4 baut tutup vakum dengan obeng plus. Setelah itu, cabut membran alias diafragmanya. Nah, terlihat deh si paj. Lepas dengan obeng min dan ganti dengan pilot-jet F1Z-R.

Setelah itu rakit kembali. Jangan lupa, pastikan membran terpasang dengan benar agar tidak bocor. “Gampang, ada patokannya kok. Bibir membran yang nongol harus pas di gotnya yang juga menonjol,” tunjuk Hamzah.

Setelah ganti paj dengan pilot-jet F1Z-R, setelan udara karbu Scorpio wajib diatur ulang. Menyetelnya agak ribet. Tangki bensin harus dilepas. Pasalnya setelan ada di bagian atas karbu. Setelan udara ini tertutup karet hitam. Selain itu, lepas dulu 2 baut pengunci pegangan koil dan kiprok pakai kunci ring 10 mm. Lalu geser dikit agar mata obeng bisa tembus ke setelan udara. Lalu cungkil untuk mencopot karet pelindung setelan udara.

Caranya, putar ke kanan sampai mentok, lalu sambil mesin dihidupkan, putar setelan udara ke kiri. “Ancer-ancer setelan pasnya, antara setengah sampe 1 putaran. Standarnya 2 sampai 3 putaran,” bilang Hamzah.

Nah, kini dijajal. Hamzah menjamin akselerasi bakal lebih yahud. Saat digeber, putaran mesin dari stasioner sampe 8.000 rpm, cepat naik.Trus,kalo gas ditutup, knalpot nggak nembak-nembak. “Dijamin konsumsi bensin sama. Malah kalo diukur bisa lebih irit. Kan settingannya udah sempurna.Udah banyak kok, buktinya,” yakin Hamzah.

sumber : scribd

Iklan
 
17 Komentar

Ditulis oleh pada 30 November 2011 in Yamaha SCORPIO

 

17 responses to “Yamaha Scorpio Tarikan Segahar RX-King

  1. Dudi

    18 April 2017 at 10:53 pm

    Nama bengkelnya yg di pintu 2 taman mini apa yah

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: