RSS

Yamaha Scorpio Tarikan Segahar RX-King

30 Nov
Akselerasi Yamaha Scorpio standar pabrik nggak seyahud RX-King.

Itu karena setting karburator gak pas. “Setelah diusut, pilot air-jet asli Scorpio kegedean. Jadi, aliran udara ke membran vakum berlebih,” jelas Hamzah dari HM Motor di daerah Pintu 2, Taman Mini, Jakarta Timur.

Karena pilot air-jet (paj) kebesaran, saat digeber membran terlalu cepat naik. Campuran bahan bakar terlalu kaya. Motorngok. Busi basah dan elektroda hitam,” urai Hamzah. “Sebaliknya saat tutup gas, membran kelewat cepet turun. Efeknya, campuran miskin. Saat tutup gas suara knalpot nembak-nembak,” sambung pria  yang juga mekanik di divisi motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

Biar bukaan membran lambat, paj ori yang ukurannya 65 dikecilin. Namun di pasaran tidak dijual opsi ukuran paj Scorpio. Tapi jangan takut, menurut Hamzah bisa pake pilot-jet F1Z-R, ukuran 10. Yang ini banyak dijual di toko variasi. Harganya Rp 15.000-an. “Bentuknya beda. Tapi bisa dipakai. Ulirpilot-jet F1Z-R pas dengan rumah pilot air-jet Scorpio,” papar Hamzah.

Yuk,praktikin! Enaknya karbu dicopot. Caranya, buka cover kanan-kiri dan tangki. Pakai obeng kembang dan kunci T8. Awalnya, copot kabel gas dengan kunci pas 10 mm. Lalu,kendori n baut klem karet join filterpake obeng plus.

Lanjut lepas dua baut pengikat join manifold. Bisa pakai kunci ring atau pas 10 mm. “Ini perlu karena tanpa buka join manifold karbu sulit dibuka. Ruangnya sempit,” jelas Hamzah. Lepas karbu dengan menariknya ke belakang sambil digeser ke kiri.

Sekarang ganti paj dengan pilot-jet F1Z-R. Letak paj di bawah membran vakum. Untuk menggantinya kudu buka 4 baut tutup vakum dengan obeng plus. Setelah itu, cabut membran alias diafragmanya. Nah, terlihat deh si paj. Lepas dengan obeng min dan ganti dengan pilot-jet F1Z-R.

Setelah itu rakit kembali. Jangan lupa, pastikan membran terpasang dengan benar agar tidak bocor. “Gampang, ada patokannya kok. Bibir membran yang nongol harus pas di gotnya yang juga menonjol,” tunjuk Hamzah.

Setelah ganti paj dengan pilot-jet F1Z-R, setelan udara karbu Scorpio wajib diatur ulang. Menyetelnya agak ribet. Tangki bensin harus dilepas. Pasalnya setelan ada di bagian atas karbu. Setelan udara ini tertutup karet hitam. Selain itu, lepas dulu 2 baut pengunci pegangan koil dan kiprok pakai kunci ring 10 mm. Lalu geser dikit agar mata obeng bisa tembus ke setelan udara. Lalu cungkil untuk mencopot karet pelindung setelan udara.

Caranya, putar ke kanan sampai mentok, lalu sambil mesin dihidupkan, putar setelan udara ke kiri. “Ancer-ancer setelan pasnya, antara setengah sampe 1 putaran. Standarnya 2 sampai 3 putaran,” bilang Hamzah.

Nah, kini dijajal. Hamzah menjamin akselerasi bakal lebih yahud. Saat digeber, putaran mesin dari stasioner sampe 8.000 rpm, cepat naik.Trus,kalo gas ditutup, knalpot nggak nembak-nembak. “Dijamin konsumsi bensin sama. Malah kalo diukur bisa lebih irit. Kan settingannya udah sempurna.Udah banyak kok, buktinya,” yakin Hamzah.

sumber : scribd

 
16 Komentar

Ditulis oleh pada 30 November 2011 in Yamaha SCORPIO

 

16 responses to “Yamaha Scorpio Tarikan Segahar RX-King

  1. SULBOY

    19 Juli 2012 at 1:46 pm

    mas bagusrengga..

    saya mencari pilot jet f1zr yang “UKURAN 10”
    di bengkel resmi yamaha..gak ada.
    di toko variasi, mulai dari merk KITACO, TDR, CLD, XTREME..

    tidak ada pilot jet f1zr yang “UKURAN 10”

    mohon berikan ukuran yang benar mas…

    apakah yang mas maksud adalah PILOT JET BAWAAN F1ZR “UKURAN 17,5” ?

    saya ingin scorpio z juni 2010 milik saya..cepat mencapai 140km/jam.
    jadi mohon segera dibalas ya…

    salam sehat…🙂

     
    • bagusrengga

      1 Agustus 2012 at 6:08 am

      maaf mas,

      kalau untuk masalah yang ini saya kurang paham, untuk posting yang ini saya cuma bantu aja menyebarkan informasinya.

      kalau scorpionya pengen cepat, banyak faktornya masberow, mau cepat naik tapi gak panjang, atau lambat naik tapi tarikan panjang, semua tergantung mekaniknya, bisa enggak nge-set motornya, hehhee

       
  2. Sudri Yadi

    29 Desember 2012 at 2:56 pm

    sudah di praktekin,….businya cepet aussss usul, ganti dengan ukuran 40….

     
  3. Lea Ramadhan SP

    8 Maret 2014 at 1:50 pm

    waduh broo ,,,
    mending jangan kenceng kenceng ,,,,
    mengerikan soalnya ,,,,
    jatuh dari 140 km/jam antara mati hidup ,,,
    aku dwah pernah soalnya ,,,
    pio ku 2006 ,,,,

    heheheheheh ,,,,,

    mending juga 40 km /jam ,,,,

    jalan2 berdua dengan pacar mbil liat2 pemandangan asik ,,,,,

     
  4. Yasin Irfan

    23 Juli 2016 at 11:02 pm

    AKU DAH COBA SCORPIO TARIKAN SEGAHAR RX KING MEMANG BETUL, MANTAB TENAN MAS

     
  5. Arjuna Rizky

    14 Oktober 2016 at 4:21 pm

    ada yang tau bengkel bagus buat scorpio area kabupaten tangerang atau sekitr tangerang gak mas?

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: