RSS

Karbu PE 28 SP Untuk YAMAHA SCORPIO

21 Des
Selamat pagi.
Kali ini saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman saya pasang (bukan saya pasang sendiri lho,hehe) Karbu PE 28 SP untuk Yamaha SCORPIO.Btw, terima kasih dulu deh buat teman-teman MiLYS (Mailing List Yamaha Scorpio) atas sharing-sharingnya untuk ilmu2nya😀
 

Bergaya dikit PIO Ganteng

 
Karbu PE 28 SP Ori Tahiland Box Honda ini saya dapat dari Kaskus, dari lapak tiepatkai . Dengan mahar Rp 850.000,- + onkir Surabaya Rp 25.000,-.
Btw, ngomong2 soal biaya, total biaya yang diperlukan adalah :
1. Karbu PE 28 SP Ori Thailand Box Honda (kata yang jual sih, hehhee) + onkir Surabaya Rp 875.000,-
2. Spacer Karbu PE 28 khusus Scorpio beli di Kaskus juga dari lapak nangkabecek + ongkir Rp 84.500,-
3. Alumunium biar Karbu PE 28 bisa pas ke manifold pesen di bengkel deket rumah Rp 40.000,-
4. Spuyer MJ rojokan beli dibengkel deket rumah Rp 5.000,-
Total kalau pasang karbu sendiri adalah Rp 1.045.000,- + Ongkos pasang dibengkel Rp 30.000,-
 
 
Langsung aja deh ke langkah2 pasang Karbu ini, gampang kok pasangnya (cuma settingnya nanti yang susah, hehehe). Jadi gini langkah2 pasang Karbu PE 28 SP ini :
1. Copot Karbu Vakum Yamaha Scorpio (Mikuni 30mm), dengan cara buka baut klep dibagian manifold dan baut klep dibagian filter. Setelah itu lepas selang bensin yang ada pada sisi sebelah kiri. Baru deh karbu digoyang-goyang dikit sambil didorong kekanan dan kekiri sampai karbu bisa lepas. (kalau mau lebih leluasa bisa copot tangki dulu). Oiya kalau mau lebih mudah, langsung aja buka manifoldnya, jadi karbu lebih mudha untuk dikeluarkan.
2. Siapkan Karbu PE 28. Pertama pasang dulu alumunium dibagian depan karbu (bagian yang masuk kemanifold) biar nanti kalau dipasang dimanifold gak oblak, karena moncong depan karbu ini lebih kecil daripada moncong karbu aslinya. Jadi daripada beli manifold khusus PE, mending bikin aja alumunium atau bisa juga pake selang bekas yang ukuran diameter dalamnya sama dengan moncong depan karbu PE ini.
Setelah itu lem dikit pake alteco biar gak ada kebocoran.
3. Copot manifoldnya, lalu tambahkan spacer didepan manifold, hal ini dimaksudkan agar saat pemasangan karbu, karbu PE ini tidak mentok pada dinamo, sehingga perlu spacer ini.Jadi posisinya kalau diurut dari depan : Silinder head (mesin) > Spacer > Manifold > Karbu > Filter. Oiya, siapkan baut 8mm dengan panjang sekitar 4cm (kalau baut aslinya kan cuma 2cm).
4. Setelah manifold + spacer terpasang, langkah selanjutnya adalah pemasangan Karbu PE. Gampang kok masangnya tinggal digoyang2 dikit sambil didorong2 sampe masuk aja ke lubang manifold. Btw, sebelumnya Karbu PE nya disetting dulu ya spuyernya. MJ/PJ aslinya sekitar 150/42. Kalo saya pake MJ rojokan (ukuran sekitar 130, nemu aja soalnya, hahhaa) trs PJ pake asli 42s.
5. Ok setelah karbu kepasang, tinggal sesuaiin kabel gasnya. Bisa pake Kabel gas aslinya, tapi ya kawat gasnya harus diganti yang lebih panjang. Jadi kabel gasnya tetep pake punya Pio, tapi kawat didalam kabel itu harus diganti yang lebih panjang. Posisi paling pas kabel ini adalah lewat dibawah tangki, kabel diletakkan tepat diatas rangka (tenang aja gak bakal kegencet tangki kok), trs kepala karbu tepat berada dibelakang Koil. Kalau selain posisi diatas dijamin gak bisa, kecuali karbu mau dimiring-miringkan.
6. Setelah semua kepasang, selanjutnya pasang filter belakang (kalau gak dipasang gpp sih, tapi kalau saya sayang skepnya, nanti baret, karbu mahal nih :p ).
7. Langkah terakhir adalah setel setelan anginnya, cari yang pas, sekitar 2 putaran. Gini cara setel anginnya : puter setelan angin ke kanan searah jarum jam (ni posisi nutup) ampe mentok trus tahan rpm di 3000rpm sambil setelan angin diputar ke kiri (berlawanan arah jarum jam, ni artinya ngebuka). Puter pelan2 ampe didapat putaran mesin tertinggi petama kali.
 
Ok, setelah pemasangan karbu selesai (dengan setting kecil-kecilan alias masih ngawur) saatnya dites. Kalau masalah akselerasi sih jangan ditanya lagi, jauh dari karbu standart. Putaran bawah sampai tengah meraung terus, cepet banget naiknya. Beda banget kalau dibandingin karbu standartnya (terang aja, lha wong vakum vs Skep, hehee). Tapi kalau putaran atas sih belum nyoba, belum dapet jalan yang panjaaaaang. Kalau kata orang sih karbu PE ini jelek diputaran atasnya, datar / flat aja, gak bisa naek.
 
Btw, saat ini masih pake Jetting MJ/PJ 130/42, katanya sih yang pas kisaran MJ 115-120 PJ 40-42. Putaran angin 1 1/4 – 2 1/2. Tapi ya kembali lagi ke motornya, apakah masih standart atau tidak. Untuk spek motor saya mesin masih standart, cuma pake CDI Tiger + knalpot freeflow R9.Yang dirasa saat ini sih belum maksimal, motor belum langsam, kalo diputaran bawah seperti ndut-ndutan. Busi hitam legam tanda bensin masih kebasahan. Belum sempet setting lagi sih, belum ada waktu, hehehe.
 
Okelah, nanti kalau saya sudah ganti jetting yang pas, saya update lagi.
 
#### UPDATE ####
yak sesuai janji, saya sudah ganti jetting yang pas (pas menurut saya).
ok, saat ini jetting ang saya gunakan adalah MJ/PJ 118/42 dengan putaran angin 3/4.
dengan spek sekarang sih rasanya udah pas, busi udah kecoklatan tanda jetting udah pas.
tarikan atas bawah dapat semua.
oke sekian dulu yaa..
 
18 Komentar

Ditulis oleh pada 21 Desember 2011 in Yamaha SCORPIO

 

18 responses to “Karbu PE 28 SP Untuk YAMAHA SCORPIO

  1. ansharpratamashar

    14 Juli 2012 at 12:41 pm

    bro’ bisa gue pesan sambungan maniful scorpio, karna gue pasang karbu keihin PE28 di motor gue dia nyangkut di dinamo starter

     
    • bagusrengga

      1 Agustus 2012 at 6:13 am

      “Spacer Karbu PE 28 khusus Scorpio beli di Kaskus juga dari lapak nangkabecek + ongkir Rp 84.500”

      gua pesennya dikaskus bro,
      ente buka aja webnya kaskus, trus cari pake kata kunci spacer karbu PE 28, yang jual nicknya “nangkabecek”

      silahkan di coba bro.

      thanks dah mampir

       
  2. Heru Cahyono

    20 September 2012 at 4:26 pm

    jos gan

     
  3. Nono

    12 Oktober 2012 at 7:26 pm

    apa bedanya no 2 & 3 di total biaya ?

     
  4. Bengkik

    1 Februari 2013 at 5:03 pm

    brow klo bwt jupiter yg skirnya pling ccok PE brp??..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: